Resep Siomay

Artikel Resep Siomay Ikan Tenggiri

Panganan sejenis dimsum yang dikenal sebagai Siomay, termasuk sebagai kulinernya kota Bandung sejajar dengan Batagor sehingga akrab disebut menjadi Siomay Bandung. Resep siomay banyak beredar di internet, dan konon untuk membuat siomay yang tetap lembut adalah tambahan labu siamnya. Dan menurut saya memang demikian, dengan labu siam, siomay tetap enak disantap dalam keadaan dingin (tapi bukan dingin dari lemari es loh). Sama seperti membuat pempek, ikannya yang enak menggunakan ikan tenggiri.

Untuk resep saus siomay adalah saus kacang yang creamy dengan perasan jeruk limau yang wangi.

Berikut adalah resep siomay yang sudah pernah saya coba. Hasilnya dari bahan satu resep somay ini kira-kira adalah 2 pinggan siomay ikan.

Bahan Resep Siomay :

400 gr daging ikan tengiri, haluskan
100 gr udang kupas, cincang halus
5 siung bawang merah, haluskan
5 siung bawang putih, haluskan
2 sdt lada halus
1 sdt vetsin (optional)
2 sdm gula pasir
3 sdt garam
1 sdm minyak wijen
100 ml air
2 btr telur
1 buah labu siam, parut kasar, peras
400 gr sagu tani

Cara membuat Somay :
  • Campur daging ikan dan udang dengan bawang yang sudah dihaluskan serta bumbu-bumbu lainnya, pecahkan telur dan tambahkan air, kemudian campur dan aduk rata.
  • Masukkan labu siam yang sudah diparut, ratakan, lalu masukkan tepung sagu sedikit demi sedikit, kemudian ratakan dan sisihkan dahulu.
  • Untuk tambahan jenis-jenis sioma dapat disesuaikan selera seperti telur rebus, kentang, tahu ataupun pare dan kol/kubis.
  • Tata siomay dalam pinggan tahan panas lalu kukus kira-kira 15-20 menit.

Pelengkap siomay :
Sambel kacang
Jeruk Limau
Kecap manis

Bahan saus siomay yang paling enak adalah asli sambal kacang. Jika somay yang banyak dijual di jalan oleh abang-abang konon menggunakan ubi merah untuk saus nya. Tapi menurut saya tetap yang saus kacang yang creamy dan pedas dengan tambahan kecap manis dan jeruk limau, membuat penyajian siomay Bandung jadi lebih mantap.